Sabtu, 21 Februari 2009

PAN Inginkan Munculnya Capres/Cawapres Alternatif

PADANG--MI: Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Sutrisno Bachir mengharapkan muncul calon presiden/wakil presiden (Capres/Cawapres) alternatif pada Pemilihan Presiden 2009 dan tidak setuju jika hanya kembali tambil 4L (lu lagi, lu lagi) atau wajah lama.

Hal itu ditegaskan Sutrisno di Sumbar, Kamsi (19/2). Ia mengharapkan, ada capres atau cawapres alternatif atau muncul pemimpin baru dan siapa orangnya tergantung koalisi antarpartai.

Menurut dia, koalisi antar partai untuk mengusung capres/cawapres akan terjadi menyusul menolakan Mahkamah Konstritusi (MK) terhadap gugatan penetapan syarat 20 persen suara Pemilu 2009 bagi satu partai politik untuk bisa mengusung capres/cawapres. "Kita (PAN) terima keputusan MK itu, meski berat buat memunculkan figur-figur baru, tapi harapan saya jangan calon presiden itu dua saja," kata Sutrisno.

Ia menyebutkan, dengan hasil keputusan MK, maka partai-partai harus berkoalisi, karena diperkirakan parpol yang akan mendapat 20 persen suara mungkin tidak ada. "Saya tidak yakin itu termasuk terhadap partai yang pada Pemilu 2004 mendapat 20 persen seperti Golkar dan PDI-Perjuangan yang memperoleh 19 persen suara," tambahnya.

Jadi mungkin tidak ada satu pun partai yang mencapai 20 persen dan mungkin hanya sekitar 15 persen seperti ditargetkan PAN. Karena itu diperlukan koalisi, kata Sutrisno. (Ant/OL-06)
sumber: media indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar